Rabu, 16 November 2011

SENYAWA KOMPLEKS ORGANOLOGAM


Senyawa kompleks organologam adalah senyawa kompleks yang memiliki ikatan logam-karbon antara satu sampai delapan atom karbon dalam ligan hidrokarbon terikat ke logam. Haptisitas mendeskripsikan jumlah atom dalam ligan yang mempunyai interaksi koordinatif dengan logamnya dan jumlah ini diberi simbol h (Huheey, 1993). Simbol h ini diikuti dengan superscript yang menunjukkan jumlah atom ligan yang ditambahkan pada logam. Misalnya, ligan siklopentadienil dalam ikatan ferosen melalui kelima atomnya, sehingga menjadi h5-C5H5. Rumus kimia dari ferosen ditulis menjadi (h5-C5H5)2Fe (umumnya ligan hidrokarbon ditulis sebelum logamnya). Pengucapan dari penulisan ligan h5-C5H5 adalah ligan pentahaptosiklopentadienil (Miessler, 2003). Kimia organologam merupakan jembatan yang menghubungkan antara kimia organik dan kimia anorganik. Proses industri yang memanfaatkan katalis homogen biasanya berasal dari senyawa kompleks organologam. Selain itu, senyawa kompleks organologam juga dapat digunakan dalam farmasi, rasa, aroma, semikonduktor dan keramik (Huheey, 1993).
Senyawa kompleks organologam juga mempunyai suatu aturan dalam menghitung jumlah elektron sama seperti aturan oktet (aturan 8 elektron) pada kimia golongan utama. Aturannya adalah Aturan 18 Elektron. Aturan 18 elektron adalah aturan yang menghitung jumlah elektron valensi pada logam pusat yang berjumlah 18 elektron. Sama seperti halnya aturan oktet, aturan 18 elektron ini juga mempunyai banyak pengecualian. Namun, aturan ini masih dapat dijadikan pedoman untuk kompleks kimia organologam terutama ligan yang mengandung akseptor-π yang kuat    (Miessler, 2003).



DAFTAR PUSTAKA
Huheey, James E., Keiter, Ellen A., Keiter, Richard L. 1993. Inorganic Chemistry : Principles of Structure and Reactivity. Fourth edition. HarperCollins College Publishers, New York.
Miessler, Gary L., Donald A. Tarr. 2003. Inorganic Chemistry. Third edition. Person Prentice Hall, Minnesota.







email : citraanesia@yahoo.com atau anez_piluz@chem.its.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar